ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

5 Sungai Terbersih di Dunia

Rabu, 17 Desember 2014

5 Sungai Terbersih di Dunia
Sungai merupakan jalan air alami. mengalir menuju Samudera, Danau atau laut, atau ke sungai yang lain.
Pada beberapa kasus, sebuah sungai secara sederhana mengalir meresap ke dalam tanah sebelum menemukan badan air lainnya. Dengan melalui sungai merupakan cara yang biasa bagi air hujan yang turun di daratan untuk mengalir ke laut atau tampungan air yang besar seperti danau. Sungai terdiri dari beberapa bagian, bermula dari mata air yang mengalir ke anak sungai. Beberapa anak sungai akan bergabung untuk membentuk sungai utama. Aliran air biasanya berbatasan dengan kepada saluran dengan dasar dan tebing di sebelah kiri dan kanan. Penghujung sungai di mana sungai bertemu laut dikenali sebagai muara sungai.
Sungai merupakan salah satu bagian dari siklus hidrologi. Air dalam sungai umumnya terkumpul dari presipitasi, seperti hujan,embun, mata air, limpasan bawah tanah, dan di beberapa negara tertentu air sungai juga berasal dari lelehan es / salju. Selain air, sungai juga mengalirkan sedimen dan polutan.
Kemanfaatan terbesar sebuah sungai adalah untuk irigasi pertanian, bahan baku air minum, sebagai saluran pembuangan air hujan dan air limbah, bahkan sebenarnya potensial untuk dijadikan objek wisata sungai. Di Indonesia saat ini terdapat 5.950 daerah aliran sungai (DAS). (id.wikipedia.org)
Manfaat air sungai dapat kita rasakan jika kebersihan sungai itu terjaga. Tahukah anda? di dunia terdapat beberapa sungai yang dikategorikan sungai terbersih. Berikut adalah 5 Sungai Terbersih di Dunia.

[1] Sungai Li (China)

[beridong.com] - 5 Sungai Terbersih di Dunia

Sungai terbersih yang pertama adalah sungai Li. Sungai yang berasal dari Sebuah pegunungan yang terletak di Xing'an Country ini mengalir ke arah selatan via jalur Guilin, Yangshuo, dan Pingle. Ketika di Pingle Sungai Li menyatu dengan dua aliran lain, dan terus menuju selatan Sungai Gui, yang jatuh ke dalam Jiang Xi, anak sungai barat yaitu Sungai Pearl, di Wuzhou. Pada 437 kilometer dari Sungai Li dan sungai Gui diapit oleh perbukitan hijau nan indah. Dibandingkan sungai yang ada di daerah beridong, keindahan dan kebersihan diakui sungai Li adalah pemenangnya. Daerah beridong adalah sungai kuning mungkin karena akibat banyak yang kuning mengambang.

[2] Sungai Torne (Swedia dan Finlandia)

[beridong.com] - 5 Sungai Terbersih di Dunia

Sungai terbersih kedua adalah sungai Torne. Sungai Torne terletak di bagian utara Swedia dan Finlandia. Sekitar setengah dari sungai ini merupakan bagian dari perbatasan antara kedua negara. Sungai ini dialiri oleh Danau Torne dekat perbatasan dengan Norwegia dan mengalir umumnya ke arah tenggara untuk jarak 522 kilometer (324 mil) ke Teluk Bothnia. Sungai ini merupakan sungai terbesar di Norrbotten (Swedia Utara) baik panjangnya sungai maupun wilayah aliran sungai dan juga salah satu sungai terbersih di dunia. Sumber dari Sungai Torne yaitu Danau Torne dekat perbatasan dengan Norwegia.Sungai Torne mengalir tanpa hambatan oleh konsentrasi kegiatan penduduk manusia sampai desa Kurravaara, sekitar 12 kilometer (7 mil) timur laut dari Kiruna.

[3] Sungai St. Croix ( Amerika Serikat )


 
[beridong.com] - 5 Sungai Terbersih di Dunia


Sungai terbersih berikutnya adalah sungai st Croix. Sungai yang merupakan "anak" dari salah satu sungai terpanjang, Sungai Missisipi. Sungai yang berpanjang 264 Km ini mengalir di 2 negara bagian Amerika Serikat, Wisconsin dan Minnesota. Di jarak 125 mil kebawah(201 km) sungai ini terbentuk perbatasan antara Wisconsin dan Minnesota. Sungai ini mengalir ke selatan menuju Gordon dan mengalir ke Barat daya menyatu bersama Sungai Namekagon.

[4] Sungai Tara ( Bosia Herzegovina )



[beridong.com] - 5 Sungai Terbersih di Dunia

Sungai yang teramat bersih ini adalah sungai tara. Sungai ini terletak di Montegnero, Bosna, dan Herzegovina. Sungai ini terbentuk antara pertemuan 2 sungai, sungai Ospacina dan Verusa. Sungai ini mengalir ke 2 negara sepanjang 144 KM. ( 110 Km ke Montenegro dan 34 Km ke Bosnia ) sungai ini juga berfungsi sebagai pembatas ke 2 negara di beberapa titik.

[5] Sungai Thames ( Inggris )



[beridong.com] - 5 Sungai Terbersih di Dunia

Sungai terbersih di dunia yang terakhir adalah sungai Thames.Sungai Thames pernah tercemar sekitar 50 tahun yang lalu . Namun sekarang menjadi indah, bersih dan sehat untuk di konsumsi.

Di balik keindahan sungai yang berada di Inggris ini menyimpan sebuah duka yang mungkin banyak diingat rakyat Inggris. 1830-1860, puluhan ribu meninggal dunia karena kolera gara gara sungai thames.  Sungai tercemar karena limbah industri dibuang langsung ke Sungai Thames. 

Pemerintah memutuskan bahwa 'tanaman Pengobatan' harus dibangun untuk membersihkan sungai sebelum dipompa ke rumah. Tanaman pengobatan juga membersihkan limbah air kotor  rumah tangga sebelum kembali ke Sungai Thames. Tidak hanya kesehatan masyarakat yang membaik, tetapi juga air di Sungai Thames menjadi lebih bersih dan indah. Beridong juga kurang jelas tanaman obat yang dimaksud, namun yang pasti ada suatu sistem yang dibuat sehingga sungai menjadi lebih bersih.

Sumber : Beridong

Share This :

0 comments

BCDLA Perpustakaan Untuk Mu. > Enter Your Comments Here...